Bahaya Mengganti Simcard Sembarangan

by Writer Telusur , at 3:00 PM , has 0 komentar


Bahaya Mengganti Simcard Sembarangan – Simcard merupakan salah satu syarat wajib jika ingin menggunakan smartphone. Pasalnya smartphone bisa mengakses internet karena adanya simcard yang sudah terisi dengan kuota. Tanpa adanya nomor seluler atau simcard, maka anda tidak bisa menjalankan smartphone dengan sepenuhnya.

Selain itu nomor seluler juga sangat diperlukan untuk melakukan registrasi pada akun atau transaksi tertentu. Makanya, nomor seluler adalah hal rahasia yang tidak bisa digunakan secara sembarangan.
Selain itu bagi anda yang sering gonta ganti simcard sembarangan harus berhati-hati untuk selanjutnya. Sebab nomor kartu seluler atau simcard, bias menjadi sasaran empuk bagi pelaku kejahatan, terutama dalam perbankan. Maka dari itu jika ingin mengganti nomor harus berhati-hati dan pikirkan lebih dahulu.




Berbagai kejahatan menggunakan kartu seluler bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti metode SIM, atau modus pelaku dengan berpura-pura nomornya hilang. Terlebih operator kadang mengaktifkan kembali nomor-nomor yang sudah tidak aktif kembali kemudian dijual kembali.
Untuk menghindari aksi kejahatan  melalui nomor kartu seluler sebenarnya sangat mudah.

*Anda hanya perlu memastikan semua akses baik dari akun di smartphone dan seluruh aplikasi dan produk perbankan diperbaharui kembali dengan nomor yang baru anda ganti. Sebab jika masih menggunakan nomor yang sudah tidak anda pakai maka akun anda bisa dibajak dan di salahgunakan untuk penipuan terutama jika anda adalah nasabah bank.*

Memang terlihat sederhana, namun terkadang sering disepelekan maka akhirnya ada beberapa akun seperti FB atau WA yang menggunakan nomor lama di bajak dan tidak bisa digunakan. Dan yang paling bahaya adalah jika anda pemilik rekening bank, bisa saja maka rekening anda bias daimabil alih sebab nomor yang digunakan untuk membuka rekening dulu belum anda ganti dan pelaku mendapatkan nomor anda.

Ini bisa menjadi titik celah bagi pelaku. Mengingat mengganti nomor seluler begitu mudah dan
Kalau pelaku sudah mendapatkan nomor simcard maka kan memudahkan mengakses dan masuk pada akun anda yang masih menggunakan nomor lama. Terutama rekening bank, sebab perbnkan melakukan verifikasi OTP dengan mengirimkan melalui SMS.

Meski masih membutuhkan username atau password, pelaku masih bisa menggunakan banyak cara mendapatkannya. Dengan berbagai alasan seperti HP rusak dan sebagainya sehingga membuka aplikasi melalui hp lainnya.

Selain itu transaksi perbankan digital bisa menjadi selah untuk pembobolan kartu kredit. Pelaku bisa saja melakukan belanja di e- commerce yang menerapkan verifikasi melalui OTP.

Misalnya pelaku belanja pakai kartu kredit bank A. Dia masukan informasi yang dibutuhkan, lalu e-commerce itu tidak percaya, kemudian memastikan itu nasabahnya menambahkan fitur tambahan mengirimkan OTP.

Selain itu pelaku  harus memiliki informasi lainnya tentang nasabah. Dari sisi kasus kartu kredit dibutuhkan informasi nomor kartu, tanggal expired, nama dan nomor CVV (Card Verification Value) yang ada di belakang kartu.

Maka dari itu usahakan setiap mengganti nomor simcard pastikan akun di smartphone dan data rekening yang menggunakan kartu lama segera dikonfirmasi untuk menggantinya dengan nomor baru.

Semoga informasi di atas bermanfaat. Sampai jumpa.


Bahaya Mengganti Simcard Sembarangan
About
Bahaya Mengganti Simcard Sembarangan - written by Writer Telusur , published at 3:00 PM, categorized as simcard , tips . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply

Kantor Pusat


Telusur Payment Mandiri

Jl. Raya Bangsri-Keling Kelet,Jinggotan Rt03/01, Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59453

0812-41514292

Contact Support


Email : telusurpaymentmandiri@gmail.com
WA CS_1 : 081241514292
WA CS_2 : 08995525475
Telegram : @Telusur
Copyright ©2013 Telusur Reload
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger