5 Cara Mencari Pasar yang Tepat Untuk Usaha

by Writer Telusur , at 1:38 PM , has 0 komentar


5 Cara Mencari Pasar yang Tepat Untuk Usaha – Banyak sekali orang yang berusaha membangun bisnis. Dengan  menghasilkan karya dan meraup keuntungan untuk masa depan. Kesadaran berbisnis saat ini mulai berkembang dengan pesat dikalangan masyarakat luas. Semua memiliki ide masing-masing dan strategi memperoleh pasar produk mereka.

Meski demikian perlu juga disadari bahwa keuntungan dan manfaat investasi dari bisnis yang dibangun tidak bisa langsung dinikmati begitu saja. Maka diperlukan usaha keras dalam proses untuk bisa memperoleh hasil yang diharapkan. Keberhasilan sangat ditentukan oleh respon konsumen.

Tanggapan konsumen terhadap produk, baik jasa atau barang, sangat bergantung pada kepuasan mereka saat membeli dan menggunakannya. Jika respon pasar positif maka produk atau jasa anda bisa mudah terjual. Tapi sebaliknya,jika kepuasan sangat minim dan banyak negative, maka perjalanan bisnis anda biasa saja. Maka dari itu perlu dilakukan survey potensi pasar agar sebuah produk yang diluncurkan bisa memberikan respons positif consumen.




Kalau seperti itu, bagaimana caranya bisa mendapatkan pasar yang tepat untuk usaha? Berikut cara mencari pasar yang tepat untuk usaha anda.


1. Cari Tahu Apa yang Paling Dibutuhkan Konsumen

Banyak sekali kebutuhan yang ada di pasaran,  anda harus bisa melakukan survey apa yang menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Seperti kebutuhan sandang (pakaian), pangan (bahan makanan), dan papan (tempat tinggal) yang selalu dibutuhkan masyarakat. Kemudian anda tinggal menentukan mana yang akan anda ambil dan bermain bagian dari pasar tersebut.

Dan juga usahakan menentukan pilihan yang bisa dibutuhkan setiap saat oleh konsumen, tanpa mengenal musim. Jika anda memilih kebutuhan utama atau kebutuhan semua kembali pada pilihan dan hasil survey potensi yang dilakukan.


2. Cari Tahu dan Tentukan Produk Sesuai Profesi Masyarakat

Selain itu anda juga perlu mengenal kebutuhan pasar dari mayoritas profesi di wilayah yang menjadi target pasar anda. Contohnya anda membuka bisnis di sekitar wilayah pemukiman baru, bisa jadi anda menjual bahan bangunan, makanan siap saji, laundry, profesi ini bisa dijadikan pilihan. Sebab pemukiman baru memfasilitasi kebutuhan rumah tangga setiap harinya.


3. Lakukan Analisis pada Permintaan

Melakukan pendekatan permintaan bisa menjadi cara terbaik untuk mengetahui potensi pasar. Anda bisa melakukan analisis apa saja permintaan pasar yang sampai hari ini masih belum terpenuhi dengan baik, atau sudah terpenuhi tapi masih sangat minim. Seperti air kemasan mineral dimanapun pasti sangat dibutuhkan. Kalau anda melihat suatu daerah tertentu yang ketersediaan air mineral masih sedikit, atau bahkan tidak ada, maka ini bisa menjadi peluang usaha.

Melakukan analisis permintaan seperti ini sangat bagus, ini bisa membuat anda mengetahui peluang bisnis apa yang permintaannya masih sangat bagus atau masih kurang terpenuhi meskipun sudah ada yang menyediakan. Anda juga bisa menyesuaikan konsep produk bisnis sesuai degan kebutuhan masyarakat yang ditarget. Hitung total kebutuhannya serta jumlah calon konsumen dan pangsa pasar yang sesuai.


4. Lakukan Analisis pada Penawaran

Dalam melakukan analisis penawaran lebih berdasarkan pada produsen atau pengusaha. Seberapa besar anda bisa memproduksi produk dan memberikan layanan garansi terbaik. Dari sini anda bisa menyimpulkan kebutuhan pasar sekaligus tren yang ada. Selain itu perlu juga membangun hubungan dengan kebutuhan masyarakat seperti daya beli di suatu tempat, daya saing dengan produk sejenis,serta ketertarikan pasar terhadap produk anda. Dengan begitu anda juga bisa menentukan apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan, dan tantangan bisnis anda kedepannya.


5. Cari Tahu Waktu yang Tepat untuk Meluncurkan Produk

Waktu juga adalah hal yang penting yang perlu diperhatikan. Maka jangan sampai anda salah melakukan prediksi dan berujung pada ketidak berhasilan penjualan. Maka bisnis tidak bisa berjalan dengan prospektif. Waktu bisa menjadi hal yang menguntungkan berdasarkan momen yang ada. 

Seperti hari raya idul fitri dimana semua orang membutuhkan kebutuhan lebaran, seperti kue dalam toples, camilan, ampolp untuk bagi-bagi, bahan masakan yang khas dengan hari raya biasanya memerlukan rempah-rempah yang banyak seperti membuat opor ayam dengan ketupat. Dan lain sebagainya.

Di saat waktu yang tepat seperti ini, permintaan produk akan melonjak drastis selama momennya masih terus booming.



Anda bisa melakukan identifikasi pasar, kemudian melakukan Identifikasi Potensi Pasar, Lalu Analisa SWOT Identifikasi potensi pasar yang telah dilakukan.  Lalu diteruskan untuk menganalisa SWOT bisnismu. SWOT terdiri dari menganalisa strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (kesempatan), dan threats (ancaman).

Melakukan idetifikasi pasar bisa mengarahkan bisnis anda semakin memiliki arah yang jelas dan optimal dalam perencanaan. Sehingga , manfaat investasi dari bisnis anda bisa didapatkan di masa depan dengan kunci konsisten.

Semoga informasi di atas bermanfaat. Sampai jumpa.



5 Cara Mencari Pasar yang Tepat Untuk Usaha
About
5 Cara Mencari Pasar yang Tepat Untuk Usaha - written by Writer Telusur , published at 1:38 PM, categorized as bisnis , cara , pasar , tips , usaha . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply

Kantor Pusat


Telusur Payment Mandiri

Jl. Raya Bangsri-Keling Kelet,Jinggotan Rt03/01, Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59453

0812-41514292

Contact Support


Email : telusurpaymentmandiri@gmail.com
WA CS_1 : 081241514292
WA CS_2 : 08995525475
Telegram : @Telusur
Copyright ©2013 Telusur Reload
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger