Paket Internet Unlimited Smartfren atau Indosat Ooredoo? Nih Kelebihannya

by Writer Telusur , at 2:20 PM , has 0 komentar


Paket Internet Unlimited Smartfren atau Indosat Ooredoo? Nih Kelebihannya – Sejak kemunculan smartphone, kebutuhan internet sudah sangat tinggi. Oleh karena itu banyak sekali operator yang bersaing menawarkan berbagai macam paket internet untuk menarik minat pengguna smartphone.
Melihat keadaan demikian, kebanyakan paket internet yang ditawarkan operator berbasis volume. Hanya ada dua operator di Indonesia yang menawarkan paket semacam ini, Smartfren dan Indosat Ooredoo.

Keberadaan paket unlimited itu membuat mereka berbeda dari operator lainnya. Menarik juga untuk membahas dua provider ini yang menawarkan paket unlimited ini. Bisa menjadi bahan referensi anda untuk memilih mana paket unlimited yang cocok untuk anda.

Dalam pembahasan kali ini akan lebih berfokus pada tarif yang perlu dikeluarkan bagi pengguna untuk menikmati layanan unlimited.  Untuk harganya masing-masing operator sebenarnya menawarkan beragam paket unlimited yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Sebagai pengguna bisa memilih paket harian atau bulanan sesuai dengan kebutuhan anda.

Dalam hal ini Smartfren menawarkan paket unlimited lebih ringkas. Operator ini menawarkan tiga opsi paket unlimited. Sedangkan dari Indosat Ooredoo yang memiliki delapan opsi.

Smartfren menawarkan paket internet unlimited bulanan dengan harga Rp 100 ribu dan Rp 65 ribu. Sementara untuk paket unlimited harian dengan harga Rp 9 ribu.

Samartfren mematok fair usage policy (FUP) harian. Ini artinya ada batas pemakaian wajar yang diperoleh pengguna berlaku harian, sebesar 1GB untuk paket harian 9 ribu dan paket bulanan 65 ribu, untuk paket bulanan FUP 1,5 GB dengan harga 100 ribu.

Dalam skema bulanan pengguna secara keseluruhan mendapatkan kuota 30 GB untuk harga 65 ribu, dan 45 GB untuk harga 100 ribu. Degan kecepatan 4G maksimal selama batas penggunaan wajar.
Sama dengan model unlimited lain, Smartfren membatasi kecepatan saat pemakaian pengguna mencapai FUP harian yang sudah ditentukan. Kecepatan internet akan diturunkan  menjadi 128Kbps setelah FUP tercapai.

Jika anda membutuhkan kecepatan tambahan, anda akan diberi pilihan untuk menambah kuota 1 GB degan harga 9 ribu dan tambahan 3 GB untuk harga 20 ribu.

Kuota tambahan akan berlaku sampai 23:59:59, sama seperti FUP harian. Setelah lewat jam batas pengguna kembali menggunakan FUP harian sebesar 1 GB atau 1,5 GB, tergantung dari paket bulanannya.




Bagaimana dengan Indosat Ooredoo?

Indosat Ooredoo, operator yang identik dengan warna kuning ini menawarkan paket unlimited dengan masa aktif 3 hari, 7 hari, hingga 30 hari. Setiap paket yang ada memiliki persyaratan sendiri.
Indosat Ooredoo menawarkan harga paket unlimited Rp 6.500 yang kini mendapat potongan harga Rp 5.000 untuk masa aktif tiga hari. Kemungkinan pengguna akan mendapatkan FUP 500 MB degan sejumlah akses bebas kuota ke beberapa aplikasi, seperti YouTube hingga WhatsApp.

Paket 7 hari internet unlimited dengan harga 13 ribu dengan FUP 1 GB. Sama dengan paket sebelumnya mendapatkan akses unlimited ke sejumlah aplikasi, seperti Spotify, Iflix, BBM, Line, Grab, dan Go-Jek.

Dan untuk paket 30 hari dijual Rp 25 ribu, pengguna memperoleh FUP 1GB ditambah kuota unlimited dan memiliki akses ke sejumlah aplikasi sama dengan sebelumnya. Yang berbeda adalah FUP di paket ini dapat diakumulasi atau biasa disebut data rollover.

Paket unlimited bulanan lain di hargai mulai dari 40 ribu dan 55 ribu (promo Rp 50 ribu), masing-masing mendapat FUP 2GB dan 3GB. Akses unlimited untuk aplikasi diperoleh dan berlaku pula data rollover.

Perbedaannya terletak pada paket unilmited degan harga 75 ribu dengan FUP 7GB. Dan pengguna bisa mendapatkan akses unlimited tambahan ke instagram. Dan yang lain sama berlaku pada paket internet unlimited bulanan Rp 100 ribu dengan FUP 10GB.

Dan yang terakhir adalah paket internet unlimited jumbo Rp 150 ribu yang menawarkan akses FUP tidak terbatas. Meski begitu Indosat Ooredoo menerapkan batas pemakaian wajar harian dan bulanan untuk alokasi kuota tanpa batas di sejumlah aplikasi.

Contohnya, paket unlimited 7GB sebenarnya memiliki batas pemakaian wajar untuk unlimited apps secara harian 2GB dan pemakaian wajar bulanan 12GB. Kalau penggunaan sudah mencapai batas pemakaian harian atau bulanan, maka kecepatan internet akan disesuaikan menjadi 512 Kbps.

Jika kuota FUP sudah habis, maka pengguna akan diberi pilihan paket lain atau memilih tarif Rp 5/KB. Memilih untuk meneruskan paket internet unlimited yang sudah dipakai, pengguna hanya dapat mengakses internet dengan kecepatan hingga 16Kbps.

Sebenarnya pengguna bisa mendapatkan tambahan kuota utama degan paket internet yang ditawarkan Indosat Ooredoo. Indosat memberi kuota tambahan degan harga mulai Rp 15.000 untuk 200MB hingga Rp 80 ribu untuk 6GB.


Penggunaan smartphone

Bila dilihat secara garis besar, jelas bisa dilihat paket internet unlimited yang ditawarkan Smartfren jauh lebih sederhana. Dengan FUP 1GB, pengguna bisa diberi kebebasan memakai kuota untuk beragam kebutuhan, baik streaming atau chatting.

Dan untuk paket internet unlimited bulanan dari Indosat Ooredoo lebih beragam dengan berbagai opsi kuota utama yang ditawarkan. Dari perbedaan itu bisa dibilang Smartfren memiliki kelebihan lebih baik dari opsi paket unlimited yang ditawarkan.

Alasannya, walaupun Indosat Ooredoo hadir dengan keunggulan akses tanpa batas untuk sejumlah aplikasi, belum tentu seorang pengguna memanfaatkan seluruh kuotanya. Meski ada beberapa aplikasi populer didalamnya.

Dari sisi kuota yang diberikan Smartfren menawarkan setidaknya kuota hingga 30GB karena FUP harian 1GB. Sedangkan Indosat Ooredoo hanya menawarkan total kuota utama hingga 10GB untuk 30 hari.

Dari sisi pembatasan kecepatan usai mencapai FUP juga berbeda. Indosat Ooredoo menurunkan kecepatan hingga 16KBps saat pengguna tidak memilih paket lain atau kuota tambahan, meski kecepatan untuk unlimited apps diturunkan menjadi 512Kbps.

Untuk Smartfren memiliki aturan sendiri dalam menurunkan kecepatan hingga 128Kbps jika sudah mencapai 1 GB. Dari kebijakan masing-masing dua operator ini sama melakukannya.

Yang menjadi perbedaannya adalah pembatasan dari Smartfren 128Kbps, sedangkan Indosat Ooredoo di luar unlimited apps lebih rendah, yakni 16KBps. Pilihan yang dapat dilakukan pengguna Indosat adalah mengganti paket baru atau mengakses data dengan biaya Rp 5/KB.

Melihat mana yang lebih unggul dari du apaket unlimited di atas, semua kembali kepada penggunanya. Pelayanan yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhannya.

Semoga informasi di atas bermanfaat. Sampai jumpa.


Paket Internet Unlimited Smartfren atau Indosat Ooredoo? Nih Kelebihannya
About
Paket Internet Unlimited Smartfren atau Indosat Ooredoo? Nih Kelebihannya - written by Writer Telusur , published at 2:20 PM, categorized as indosat , paket internet , smartfren , unlimited . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply

Kantor Pusat


Telusur Payment Mandiri

Jl. Raya Bangsri-Keling Kelet,Jinggotan Rt03/01, Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59453

0812-41514292

Contact Support


Email : telusurpaymentmandiri@gmail.com
WA CS_1 : 081241514292
WA CS_2 : 08995525475
Telegram : @Telusur
Copyright ©2013 Telusur Reload
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger