7 Masalah Listrik Ini Jangan Ditangani Sendiri

by Writer Telusur , at 2:33 PM , has 0 komentar


7 Masalah Listrik Ini Jangan Ditangani Sendiri – Masalah listrik pasti bisa terjadi di rumah kapanpun dan ini bisa membahayakan apabila kita membuat kesalahan dalam menanganinya. Memang kadang kita merasa mampu memecahkan masalah sendiri  dengan mengandalkan pengalaman orang lain atau sekedar rujukan di internet. Kalau pemahaman yang di miliki belum cukup, justru menambah buruk keadaan.

Berikut masalah listrik di rumah yang tidak boleh anda tangani sendiri. Sebaiknya hindari penanganan sendiri, dan panggil teknisi.


1. Kesetrum atau Tersengat Listrik

Biasanya disebut sebagai electric shock. Jika pernah mengalaminya, biasanya terjadi pada saat anda berusaha mencolok atau mencabut peralatan listrik seperti kulkas ataupun televisi.

Pertolongan pertama untuk menangani masalah ini segera cabut kembali atau mencolok peralatan tersebut. Kalau terjadi sengatan listrik kembali, ini menandakan ada permasalahan serius pada peralatan listrik yang harus segera diperbaiki, jika tidak segera diperbaiki maka akan menimbulkan masalah yang lebih besar pada sistem jaringan listriknya yang ada di rumah anda. Anda wajib waspada untuk urusan satu ini.


2. Lampu Kedap-Kedip

Kadang lampu bohlam suka tiba-tiba berkedip sendiri atau meredup ini bisa terjadi karena daya fungsi sudah hampir mati. Dan ada beberapa kemungkinan terjadi tombol kontak yang terkikis, terlalu banyak instalasi dalam satu tombol kontak, atau ada masalah pada sambungan listriknya yang berujung pada rusaknya sistem jaringan listrik di rumah.

Segera panggil ahli listrik untuk mendiagnosa gangguan yang terjadi mulai dari kabel, soket sampai junction box atau kotak hubung lampu.


3. Tercium Bau Hangus

Pernah mencium bau hangus yang berasal dari sumber aliran listrik, anda perlu anda mengkhawatirkannya, ini bisa menjadi kemungkinan sumber masalah pada sistem kabel yang rusak atau mungkin lebih parah lagi KWH meter yang mengalami korslet bahkan hingga mengakibatkan ada percikan api yang muncul.

Ingat segera panggil ahli listrik biar mereka yang menanganinya. Jangan sesekali mendekatinya atau bahkan menangani sendiri. Tunggu sampai bantuan datang, sebagai tindakan pertama matikan semua sumber listrik di rumah. Jika memiliki alat pemadam kebakaran, persiapkan untuk jaga-jaga kalau ada kemungkinan terjadi hal yang buruk.





4. Stop Kontak Memanas

Stop kontak sering mengalami suhu tinggi jangan sampai disepelekan karena menggunakan lampu  mengakibatkan energi panas. Anda harus memeriksa tingkat kepanasan jika stop kontak  atau permukaan lampu terlalu panas kemungkinan ada indikasi adanya overheating yang dapat mengakibatkan kebakaran.

Jika terjadi hal seperti itu segera laporkan pada ahlinya untuk memeriksa kadar wattage di rumah. Sementara itu untuk pencegahan anda bisa ber alih menggunakan lampu yang hemat daya seperti LED (light-emitting diode).


5. Stop Kontak Tidak Berfungsi

Sering melihat stop kontak yang sudah tidak berfungsi dibiarkan begitu saja, justru ini sangat membahayakan apabila stop kontak sudah hampir terlepas dari dindingnya. Meski stop kotak tidak berfungsi, tapi masih tetap mengalirkan listrik. Sengatan listrik akan sangat berbahaya kalau sudah terjatuh atau tersenggol oleh orang lain, anggota keluarga, bahkan diri sendiri.

Ada dua cara yang bisa dilakukan jika ada stop kontak yang tidak bisa berfungsi dengan baik. Pertama melakukan perbaikan atau menutup fungsinya sebagai pengaliran listrik.


6. Tegangan Tinggi Saat Cuaca Buruk

Sudah bukan perkara rahasia lagi jika cuaca buruk bisa mengakibatkan tegangan tinggi seperti hujan yang disertai petir, sangat membahayakan daya fungsi peralatan berbasis listrik di rumah. Anda tentu tidak bisa selalu berhasil memperkirakan atau menyempatkan mematikan atau memutus aliran listrik pada peralatan saat badai hujan datang.

Perlu menggunakan jasa listrik untuk memastikan rumah sudah dilengkapi degan pelindung tegangan tinggi dari brand yang sudah terpercaya dan terbukti. Meski sedikit mahal, tidak ada salahnya untuk mencegah kerugian yang akan berakibat lebih mahal.


7. Masalah Sakelar Pemutus (Circuit Breaker)

Circuit Breaker berpotensial menjadi pemicu terjadi kebakaran akibat konsleting listrik, yang terlihat sederhana cuma memperkirakan perkara naik turun tombolnya saja. Perlu diketahui circuit breaker adalah mainan khusus para ahli untuk mengatur persediaan daya listrik di rumah, khususnya untuk mencegah terlalu banyak penggunaan listrik yang dipusatkan pada satu saklar.

Sudah mengetahui hal tersebut, apakah sudah pernah mengalami salah satu diantaranya? Jangan menangani sendiri ya? Berbahaya sekali, gunakan jasa teknisi listrik agar lebih aman.
Utamakan keselamatan anda dan anggota keluarga anda dan orang sekitar dari resiko kecelakaan akibat gangguan listrik.

Semoga informasi di atas bermanfaat.

7 Masalah Listrik Ini Jangan Ditangani Sendiri
About
7 Masalah Listrik Ini Jangan Ditangani Sendiri - written by Writer Telusur , published at 2:33 PM, categorized as listrik , masalah , tanda . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply

Kantor Pusat


Telusur Payment Mandiri

Jl. Raya Bangsri-Keling Kelet,Jinggotan Rt03/01, Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59453

0812-41514292

Contact Support


Email : telusurpaymentmandiri@gmail.com
WA CS_1 : 081241514292
WA CS_2 : 08995525475
Telegram : @Telusur
Copyright ©2013 Telusur Reload
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger