5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Smartphone

by Writer Telusur , at 3:13 PM , has 0 komentar


5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Smartphone – Setiap pengguna smartphone memiliki kebiasaan berbeda-beda dalam menggunakan smartphone, dan tidak jarang diantara kebiasaan tersebut bisa berdampak buruk bagi smartphone sendiri.

Tanpa disadari, kebiasaan ini merupakan hal yang buruk dan bisa menyebabkan smartphone mudah rusak dan bisa saja kurun waktu penggunaan smartphone bertahan setahun saja dan selanjutnya smartphone tidak bisa berfungsi dengan normal.

Di bawah ini ada 5 kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh semua pengguna smartphone. Kalau anda masih melakukan salah satu hal di bawah ini, segera mungkin hentikan kebiasaan ini agar smartphone anda bisa awet penggunaannya.


1. Charging Smartphone Menggunakan Charger dan Kabel Murahan

Ini adalah salah satu hal yang paling sering dilakukan pengguna samartphone, melakukan charging HP degan charger dan kabel murahan. Umumnya ini terjadi jika kabel asli bawaan pabrik sudah rusak, dan membeli kabel pengganti dengan harga yang murah di pasaran.

Meski harga terjangkau akan tetapi hal ini sangat tidak disarankan, terlebih menggunakan charger dan kabel yang tidak jelas asal usulnya, sebab kualitas aksesoris akan sangat berpegaruh pada kesehatan dan daya tahan baterai handphone anda.

Hal ini dapat merusak baterai secara permanen, apalagi baterai smartphone sekarang ini built in dan tidak bisa dilepas. Hal lain yang berbahaya adalah masalah keamanan karena kabel dan charger yang salah dapat menyebabkan terbakar dan meledak, jadi pastikan gunakan aksesoris yang original.

 Ini bisa merusak HP secara permanen, terlebih baterai smartphone sekarang sudah built dan tidak dapat dilepas. Dalam hal ini akan sangat berbahaya pada masalah keamanan karena kabel dan charger yang salah bisa menyebabkan terbakar dan meledak, jadi pastikan menggunakan aksesoris yang original meski harga agak mahal.




2. Tidak Menggunakan Casing Pelindung
Penampilan HP tanpa menggunakan casing pelindung tambahan akan tampak lebih bagus. Namun jangan salah melihat model smartphone jaman sekarang memiliki desain yang tipis dan licin, dan bisa membuatnya gampang terlepas dari genggaman tangan.

Resiko smartphone yang jatuh bisa membuat layar pecah atau bodi hp menjadi tidak sebanding degan harga casing pelindung untuk tambahan pengamanan HP anda.


3. Sering Gunakan Free WiFi Publik

Biasanya yang paling sering dilakukan saat pengguna smartphone berada di café, mall, stasiun, hotel adalah langsung terkoneksi dengan free WiFi hotspot yang tersedia.

Menggunakan WIFI gratisan dengan nyaman dan sangat diminati apalagi bisa menjadi langkah sebagai penghemat kuota internet, akan tetapi kebiasaan ini bisa sangat berbahaya untuk keamanan data smartphone anda.

Terkoneksi dengan WiFi publik gratisan ini smartphone jadi sasaran empuk para hacker dan penjahat siber lainnya. Terlebih jik anda menggunakannya untuk transaksi dengan WiFi publik yang tidak terenkripsi.

Dengan cara seperti ini data pribadi anda bisa tercuri, baik itu akun email, password, akun soosmed, toko online sampai mobile banking akan langsung dicuri orang lain.


4. Charging Smartphone Hingga Pagi

Sering melakukan charging handphone malam hari menjelang tidur dan dibiarkan hingga pagi hari. Dengan alasan mendapatkan baterai smartphone yang terisi penuh di pagi hari untuk digunakan beraktifitas esok hari.

Kebiasaan seperti ini bisa merusak baterai samartphone, yang umumnya membutuhkan waktu 4 sampai 5 jam kemudian sudah terisi penuh 100% bahkan menggunakan teknologi fast charging hanya perlu 1 sampai 2 jam saja. Sedangkan umumnya kita tidur dalam waktu 6 sampai 7 jam.

Saat baterai sudah terisi penuh dan tetap terus dipaksakan terisi daya, akan merusak kemampuan penyimpanan baterai. Kalau kebiasaan ini terus dilakukan maka smartphone akan lebih cepat habis.


5. Menggunakan Smartphone Hingga Mati Kehabisan Baterai

Kebiasaan yang ini paling sering ya? Menggunakan smartphone sampai baterai habis. Memang menggunakan Handphone sampai baterai benar-benar kosong dan sampai habis belum dilakukan charging tidka terlalu berdampak buruk untuk smartphone. Ingat! Jika sering dilakukan maka akan merusak baterai smartphone anda.

Lebih baik charger hp sebelum baterainya benar-benar habis. Jika tidak bisa maka bisa menggunakan power bank sebagai pengganti pengisi daya cadangan sebelum handphone anda mati.

Itulah 5 kebiasaan buruk yang sering dilakukan yang dapat merusak smartphone lebih cepat. Segera tinggalkan kebiasaan tersebut agar smartphone bisa terjaga ketahanannya lebih lama.


5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Smartphone
About
5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Smartphone - written by Writer Telusur , published at 3:13 PM, categorized as rusak , smartphone , tips . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply

Kantor Pusat


Telusur Payment Mandiri

Jl. Raya Bangsri-Keling Kelet,Jinggotan Rt03/01, Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59453

0812-41514292

Contact Support


Email : telusurpaymentmandiri@gmail.com
WA CS_1 : 081241514292
WA CS_2 : 08995525475
Telegram : @Telusur
Copyright ©2013 Telusur Reload
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger