5 Cara Hemat Kuota Internet di HP Android

by Writer Telusur , at 3:14 PM , has 0 komentar

5 Cara Hemat Kuota Internet di HP Android – Siapa yang tidak butuh kuota? Kayaknya tidak ada ya, melihat jaman sekarang semua serba digital dan membutuhkan paket data internet untuk bisa mengaksesnya. Seolah paket data internet sudah menjadi bagian ke 2 dari kebutuhan pokok yang wajib ada. Gimana tidak orang pasti akan kebingungan saat kehabisan data internet. Terlebih habisnya bersamaan dengan keadaan dompet yang tipis. Bisa mati kutu ya? Tiba-tiba hidup jadi hampa.

Dengan keberadaan teknologi yang sekarang ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi soal kehabisan kuota. Sudah banyak cara yang bisa digunakan untuk menghemat paket data internet. Dan di bawah ini merupakan 5 diantara sekian banyak cara untuk menghemat data internet.


1. Harus Pintar Pilih Browser yang Pas

Perlu kalian tahu kalau mesin pencarian yang biasa kita gunakan dengan sebutan browser juga bisa mempengaruhi penggunaan data internet juga lho. Ini bisa menghabiskan data internet jika tidak bijak dalam pemakaiannya. Salah satu mesin pencari yang paling boros adalah mesin pencari bawaan langsung dari handphone. Aplikasi yang sangat boros juga tidak ada fitur penghemat data. Jadi situs yang membuka lewat mesin pencari itu akan menyedot banyak kuota internet.

Maka dari itu anda harus mencari mesin pencari yang lebih hemat di samrtphone anda. Sekarang sudah banyak mesin pencari yang menyediakan mode meminimalisir penggunaan paket data internet. Tapi yang menjadi foaforit pengguna adalah Google Chrome. Dalam mesin pencarian yang satu ini bisa megaktifkan penghemat data dnegan mudah. Caranya klik bagian titik tiga pada kanan bawah browser lalu pilih setelan. Selanjutnya klik saja menu penghemat kuota internet dan nantinya akan diaktifkan. Jika sudah, anda sudah bisa tenang membuka situs dimesin pencari tanpa harus takut kehabisan data dengan cepat.


2. Jangan lupa batasi penggunaan paket data internet ya

Ini memang sudah menjadi hukum yang jelas. Jika anda menggunakan internet secara terus menerus tanpa memperhatikan kuota akan semakin terkikis. Dari sanalah anda cenderung memakai internet secara berlebih sampai peringatan dari operator mengabarkan hal buruk. Intinya kita memang tidak sadar kalau tidak ada peringatan.

Perlu kalian tahu kalau di dalam android sudah ada alarm peringatan. Yang bisa mengingatkan kita menghabiskan berapa banyak kuota. Akan tetapi setiap samartphone memiliki nama menu yang berbeda. Jadi anda bisa mencarinya sendiri dalam menu pengaturan anda, intinya isi tampilannya berupa pengaturan peringatan penggunaan data. Dan dalam menu setelan itu anda bisa mengatur jangka waktu, dan kalau melebihi batas maka akan muncul notifikasi peringatan, sehingga anda bisa membatasi diri sendiri dalam memakai data internet dengan mudah.





3. Periksa aplikasi yang bisa kuras banyak kuota

Kadang kala kita sebagai pemakai android mendownload dan menginstal palikasi sembarangan. Biasanya memasang aplikasi karena ingin coba-coba. Namun perlu diketahui beberapa aplikasi bisa membawa dampak buruk pada ponsel anda. Seperti menguras kuota anda tanpa anda sadari.

Untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut bisa menguras paket data internet, buka setelan lalu klik penggunaan data atau data Setelan lalu klik Penggunaan Data atau Data Usage. Scroll HP anda dan lihat aplikasi mana yang memakan kuota paling banyak. Untuk mengatasinya anda bisa mencopotnya. Jika aplikasi tersebut memang penting untuk anda yang ambil resiko sendiri. Atau anda uninstal aplikasi tersebut jika tidak terlalu sering digunakan. Atau anda bis aberalih degan aplikasi yang lebih ringan.


4. Pakai aplikasi khusus untuk hemat kuota

Kebanyakan pada bingung nih, mau di uninstall aplikasi tersebut yang boros kuota, tapi dari sisi lain anda begitu membutuhkannya. Kalau aplikasi tersebut tidak ada versi yang lebih ringan, mau tidak mau anda tetap menginstall aplikasi tersebut. Namun anda bisa menanganinya dnegan bantuan salah satu aplikasi yang dijamin bisa membuat paket data internet anda menjadi ekonomis penggunaannya.

Aplikasi tersebut adalah Datally. Aplikasi itu bisa mengurangi pemakaian data internet. Di aplikasi tersebut disediakan pilihan untuk aplikasi mana yang ingin dihemat pemakaian kuotanya. Akan tetapi jika anda menggunakan aplikasi Datally ada beberapa hal penting yang perlu anda catat dan wajib anda ingat.

- Ingin mengaktifkan tethering wajib dimatikan dahulu Datally –nya. Ini dilakukan agar perangkat lain bisa terhubung ke hostpot android.

- Datally tidak dapat dimatikan dengan cara biasa. Anda harus menonaktifkan wajib secara paksa lewat pengaturan.


5. Maksimalkan mode airplane agar tidak buang-buang kuota

Apakah anda pernah mendengar mode airplane atau yang sering disebut mode pesawat terbang? Anda pasti tahu atau sebagai mungkin tidak mengetahuinya. Sebagian yang mengetahuinya mode airplane ini hanya digunakan ketika berada di dalam pesawat saja. Padahal jika anda tahu fungsi yang sesungguhnya, mode airplan eini memiliki banyak sekali manfaat lho yang bisa berguna untuk kelangsungan hidup samrtphone anda.

Salah satunya ialah menghemat paket data internet yang anda miliki. Caranya degan mengaktifkan mode airplane pada saat anda tidak menggunakan hp . seperti pada saat jalan-jalan, atau berada di tempat yang tidak ada sinyal. Dengan begini secara otomatis akan menghemat kuota internet anda.

Nah itulah beberapa cara hemat kuota internet tang bisa anda gunakan di hp Android. Memakai salah satu ataupun semuanya agar paket anda bisa lebih hemat dan tidak boros. Sebagai bentuk kesadaran dari diri sendiri jangan terlalu asyik berselancar di dunia maya, sebab bisa menghabiskan kuota dengan cepat dan ini berdampak pada kesehatan kantong anda juga.

Semoga bermanfaat.


5 Cara Hemat Kuota Internet di HP Android
About
5 Cara Hemat Kuota Internet di HP Android - written by Writer Telusur , published at 3:14 PM, categorized as hemat , hemat kuota , kuota , kuota internet . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply

Kantor Pusat


Telusur Payment Mandiri

Jl. Raya Bangsri-Keling Kelet,Jinggotan Rt03/01, Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59453

0812-41514292

Contact Support


Email : telusurpaymentmandiri@gmail.com
WA CS_1 : 081241514292
WA CS_2 : 08995525475
Telegram : @Telusur
Copyright ©2013 Telusur Reload
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger