Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal HP yang Hilang dan Timbul

by Writer Telusur , at 3:06 PM , has 0 komentar


Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal HP yang Hilang dan Timbul – Siapa sih yang tidak merasa kesal kalau sinyal HP tiba-tiba hilang dan timbul kayak main cilukba. Terlebih saat kondisi darurat, keselnya tambah 2 kali lipat.

Memang sinyal HP menjadi salah satu hal yang penting, apalagi komunikasi itu penting untuk mengetahui hal sebelumnya tidak tahu. Menjelajahi dunia maya, dan untuk urusan bisnis.
Tahu nggak sih tiba-tiba tidak ada sinyal itu juga ada penyebabnya, dan bisa di atasi kok.

Sebelum membahas cara mengatasinya yuk ketahui dulu penyebab sinyal yang tiba-tiba pulang pergi :

Posisi kita di luar cakupan area jaringan
Faktor cuaca
Perbaikan jaringan oleh operator
Kerusakan pada hardware HP
Ada aplikasi atau software yang bermasalah, dst.
Signal Reciever HP Bermasalah

Masalah-masalah itu bisa kita atasi dengan cara yang akan Jaka berikan berikut ini. Sebenarnya ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan.

Masalah diatas bisa di atasi dengan beberapa langkah, berikut :

Ketika sinyal HP anda mendadak hilang anda harus mengetahui titik permasalahan yang menyebabkan sinyal anda tiba-tiba hilang. Ada dua kemungkinan yang menjadi penyebabnya, pertama dari SIM Card (provider) yang bermasalah atau dari HP itu sendiri.

Untuk mengecek dari SIM Card tinggal lepas SIM Card dari HP lalu pasang lagi di HP yang lain. Kalau SIM Card tetap tidak berfungsi di HP lain dan tidak menunjukkan indikator sinyal berarti memang SIM Card anda yang bermasalah. Dan HP anda baik-baik saja anda bisa menghubungi customer service dari provider anda.

Kalau yang terjadi sebaliknya SIM Card anda masih bekerja dengan baik, bisa menerima mengirim SMS dan telpon itu berarti yang bermasalah adalah HP anda.




Untuk mengatasinya ada beberapa cara berikut :


1. Restart HP

Ini adalah cara pertolongan pertama yang paling sering digunakan untuk mengatasi sinyal yang tiba-tiba hilang. Degan melakukan restrat ulang HP akan memulai semuanya dari awal dan secara otomatis akan mencari jaringan baru. Melakukan restart HP akan mengatasi berbagai permasalahan yang muncul di samartphone lho.


2. Mode Pesawat

Cara ini cukup mengaktifkan Airplane Mode atau mode pesawat di HP anda. Biarkan beberapa saat lalu nonaktifkan kembali mode tersebut. Cara ini merupakan cara yang bisa membuat HP mencari server jaringan 4G LTE baru yang lebih baik. Cara ini sering digunakan pada HP yang sudah 4G.
Selain bisa mengatasi sinyal yang hilang, mode pesawat ini punya fungsi lain juga lho.


3. Cek Pemasangan SIM Card

Cara ini bisa dengan mengecek kembali apakah SIM Card sudah berada pada posisi di slot dengan baik.  Pemasangan pada posisi yang salah akan membuat SIM Card tidak bisa terdeteksi, dan sinyal juga tidak akan muncul.


4. Cari Jaringan Secara Manual

Untuk mencari jaringan secara manual anda tinggal masuk pada menu pengaturan jaringan yang da pada menu Settings di HP Android.

Caranya masuk ke Settings - Network - Connections - Mobile Network - pilih Operator - Select Automatically. Nantinya samartphone akan terkoneksi pada jaringan yang sudah terdeteksi.


5. Sinyal Radio yang Buruk

Sinyal bisa tiba-tiba hilang juga bisa disebabkan HP tidak memancarkan sinyal radio yang benar. Untuk mengatasinya bisa menggunakan dial pad *#*#4363#*#*, akan muncul tampilan menu, dan pilih Phone Information.

Lalu klik Run Ping Test dan scroll ke bawah dan pilih, LTE/GSM auto (PRL). Kemudian tekan tombol Turn Off Radio.

Jika semua proses sudah selesai, reatrat HP anda dan lihat apakah ada perubahannya. Cek kondisi sinyal anda.


6.Tukar Sim Card ke HP Lain

Jika cara di atas masih tidak berhasil untuk mengembalikan sinyal android yang hilang, kemungkinan memang HP anda yang sedang bermasalah. Untuk memastikannya, anda bisa menukar SIM Card anda ke HP orang lain.

Jika setelah menukar SIM Card anda ke HP orang lain dan sinyalnya baik baik saja, maka HP anda yang sudah pasti bermasalah.

Anda bisa membawa ke Service Center terdekat. Kalau boleh disarankan lebih baik ke tempat resmi biar lebih terjamin keamanannya. Kadang ada tempat yang mengambil keuntungan dari pelanggan yang hendak service HP.


7.Hubungi Customer Service Operator

Semua cara sudah dilakukan, anda mulai merasa lelah dan ingin menyerah saja untuk mengembalikan sinyal HP  yang sering hilang. Sudah melakukan berbagai cara tapi masih saja belum bisa. Ini bisa jadi ada kesalahan di operator seluler anda.

Bisa jadi jaringan di tempat tertentu bermasalah dan pihak operator tidak menyadarinya kalau ada permasalahan sinyal di sekitar wilayah anda.

Dengan menghubungi operator seluler, mereka akan langsung merespon keluhan dari pelanggannya. Hubungi terus pihak operator anda, dan mereka bisa melakukan perbaikan jaringan di wilayah anda.

Itulah beberapa cara mengatasi sinyal yang hilang di HP anda. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.


Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal HP yang Hilang dan Timbul
About
Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal HP yang Hilang dan Timbul - written by Writer Telusur , published at 3:06 PM, categorized as cara mengatasi sinyal HP , penyebab sinyal hilang , sinyal HP yang hilang . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply

Kantor Pusat


Telusur Payment Mandiri

Jl. Raya Bangsri-Keling Kelet,Jinggotan Rt03/01, Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59453

0812-41514292

Contact Support


Email : telusurpaymentmandiri@gmail.com
WA CS_1 : 081241514292
WA CS_2 : 08995525475
Telegram : @Telusur
Copyright ©2013 Telusur Reload
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger