Ini Tips Jaga Keamanan Toko Online di E-commerce

by Writer Telusur , at 1:56 PM , has 0 komentar


Ini Tips Jaga Keamanan Toko Online di E-commerce – Membuka bisnis toko online memang sedang menjadi trend saat ini. Bahkan banyak E-commerce yang menawarkan tempat untuk berdagang.  Membuat berjualan semakin mudah.

Namun dibalik semua itu menjaga keamanan toko Online merupakan hal yang penting juga. Sakarang dengan macam cara akun bisa saja kebobolan dan direntas.

Apakah anda pernah mendengar berita ada kasus perentasan yang terjadi pada toko online bernama Grenpeel Store di Tokopedia menjadi perhatian belakangan ini. Semua karena akunnya diretas, Grenpeel Store mesti merugi hingga Rp 118 juta. Wah, banyak juga ya?

Wah sangat berbahaya sekali ya? Untuk anda para pedagang online ada cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk menghindari perentasan pada akun toko online anda.

Caranya sangat sederhana, akan tetapi ini sangat bermanfaat untuk melindungi toko online anda.




Tips hanya satu, tapi ini sangat penting untuk anda yang memiliki akun toko online di e-commerce.

Aktifkan TFA (Two Factor Authentication) atau OTP (One Time Password).

Jagalah perangkat OTP anda dengan baik, seperti jika OTP dikirim ke SMS maka jagalah nomor HP dan isi SMS anda jangan sampai pindah tangan. Jika OTP Ke WA, maka jagalah akun WA anda jangans ampai diambil ali orang lain.

Two Factor Authentication (atau biasa disingkat TFA) adalah cara pengenalan identitas pengguna dengan meggunakan kombinasi dua faktor yang berbeda, pertama keamanan mellaui password dan yang kedua keamanan yang dikirimkan ke ponsel anda. Mengaktifkan metode ini bisa menambah lapisan keamanan untuk masuk ke akun anda ketika salah satu faktor bisa direnta oleh hacker.

One Time Password (OTP) merupakan password yang hanya digunakan hanya valid untuk satu kali log in. Maka dari itu jangan sesekali memberikan kode ini ke orang lain baik ke orang yang anda kenal terlebih pada orang yang tidak dikenal. Memberikan OPT ini sama saja anda memberikan akun anda kepada orang lain.

Jika kode OTP mengalami kebocoran kan berakibat fatal pada pedagang online, karena kode tersebut digunakan agar terintegrasi dengan berbagai akun keuangan pedagang, mulai dari rekening bank, kartu kredit, akun toko online mereka, hingga dompet digital seperti OVO dan Gopay.

Mengingat kasus yang terjadi dengan perentasan akun Grenpeel, pihak Tokopedia menyebut bahwa perentasan itu dimungkinkan karena penyalahgunaan kode OTP di aplikasi pihak ketiga mereka.
Jadi jika anda memilih menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa dipercaya sebaiknya lakukan dengan baik dan teliti. Sehingga tidak terjadi penyalahgunaan.

Meski anda merasa tidak membagikan kode OTP kepada siapapun, ataupun data-data milik toko online anda juga. Mengakses pihak ketiga yang kemungkinan tidak aman bisa membuat data anda dicuri. Terutama jika anda menyadari link tersebut sangat mencurigakan.

Jadi selalu wasapada dan jaga OTP anda, dan ingat jangan sembarangan mengakses link sebagai pihak ketiga terutama bila terjadi kecurigaan segera hentikan akses.

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa.


Ini Tips Jaga Keamanan Toko Online di E-commerce
About
Ini Tips Jaga Keamanan Toko Online di E-commerce - written by Writer Telusur , published at 1:56 PM, categorized as bisnis , keamanan , online , tips . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply

Kantor Pusat


Telusur Payment Mandiri

Jl. Raya Bangsri-Keling Kelet,Jinggotan Rt03/01, Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59453

0812-41514292

Contact Support


Email : telusurpaymentmandiri@gmail.com
WA CS_1 : 081241514292
WA CS_2 : 08995525475
Telegram : @Telusur
Copyright ©2013 Telusur Reload
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger