Ciri Akun Palsu di Facebook yang Perlu Diwaspadai

by Writer Telusur , at 2:01 PM , has 0 komentar


Ciri Akun Palsu di Facebook yang Perlu Diwaspadai – Hampir sebagian besar masyarakat sekarang ini pasti setuju bahwa perkembangan internet saat ini sudah banyak memberi kemudahan dalam menjalankan aktivitas. Mempelajari hal yang baru bukanlah hal yang sulit. Sejak kemunculan internet banyak informasi yang dapat diketahui. Bukan hanya sekedar informasi, internet juga bisa dimanfaatkan sebagai media komunikasi dari orang di seluruh dunia. Tentu untuk melakukannya kita perlu sebuah media sosial sebagai sarana utamanya.

Saat ini media sosial yang paling banyak digunakan adalah Facebook. Dari sini kita bisa menemukan teman yang sudah lama tidak kita hubungi melalui Facebook. Penggunaannya yang cenderung mudah dan gratis. Banyak sekali oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan Facebook dengan membuat akun palsu. Pembuatan akun palsu ini memiliki berbagai tujuan bisa saja hanya sekedar iseng, atau ingin memata-matai seseorang, lebih lagi melakukan penipuan.

Lalu bagaimana caranya agar bisa terhindar dari semua itu? Melihat banyak sekali akun palsu di Facebook. Sebagai langkah waspada, anda perlu mengetahui beberapa ciri dari akun palsu. Yang dibuat oleh tangan nakal yang tidak bertanggung jawab.





1. Mereka Banyak Mencari Teman Baru
Akun yang palsu biasanya dibuat dengan tujuan tidak baik, seperti melakukan penipuan atau hanya ingin iseng mencari teman baru. Harus sangat waspada bila anda ingin mengkonfirmasi akun dari pengguna akun Facebook yang meng add akun anda. Terlebih akun tersebut akun yang tidak anda kenal. Sebaiknya tidak melakukan konfirmasi pada akun yang tidak anda kenal sama sekali.


2. Mereka Tidak Menggunakan Foto Asli
Sebagai bentuk untuk mengelabuhi pengguna akun lain, biasanya pengguna menggunakan foto orang lain. Dan biasanya foto tersebut berupa cewek cantik atau cowok ganteng. Kadang mereka memilih menggunakan foto selebriti atau foto orang lain. Ini tentu untuk menghindari terbukanya identitas asli dari pengguna akun palsu.

Anda bisa mengecek apakah akun tersebut menggunakan foto orang lain, caranya dengan mengcopy paste foto profil pada #Google Image. Kalau hasil pencarian di Google Image menunjukan gambar tersebut sama persisi dengan foto profil akun, bisa dipastikan kalau akun tersebut kemungkinan besar akun palsu.


3. Mereka Tidak Menyimpan Banyak Foto

Selain tidak menggunakan akun asli, akun Facebook biasanya tidak menyimpan atau tidak memiliki banyak tag foto. Akun yang asli biasanya akan sering mendapatkan tag foto dari teman-teman yang lainnya. Berbeda dengan yang palsu, justru tidak memiliki banyak foto. Kalau akun tersebut memiliki banyak foto, biasanya berisi foto produk yang hendak dipromosikan yang bukan bersumber dari dokumentasi pribadi.


4. Mereka Bisa Sangat Pasif atau Sangat Aktif

Pengguna akun palsu memiliki kebiasaan yang berbeda, ada yang sangat aktif ada juga yang sangat pasif. Akun yang aktif akan langsung mengajak chat anda setelah anda konfirmasi. Tentu ini tujuannya sangat beragam, mulai dari mengajak kenalan sampai kencan atau sekedar hanya mempromosikan produk yang ingin diperkenalkan.

Ada juga akun facebook palsu yang sangat pasif dan berniat melakukan pencurian data dari akun Facebook anda. Tentu ini akun ini tidak banyak melakukan aktifitas atau melakukan komunikasi dengan teman-teman di facebook.


5. Mereka Jarang Update Status

Meski banyak pengguna akun Facebook yang melakukan update status, tapi umumnya akun palsu di Facebook akan lebih terlihat pasif dan berbeda dengan akun Facebook yang asli. Bila akun Facebook yang asli sering melakukan share terhadap suatu link, gambar atau sekedar bermain game, maka akun palsu bisa sama sekali tidak pernah melakukan aktivitas apapun di Facebook. Akun yang seperti ini biasanya melakukan pengamatan terhadap pengguna lain melalui akunnya. Dan bisa saja melakukan persiapan pencurian data atau bentuk cybercrime lain.

Dan itulah lima ciri akun palsu di Facebook yang perlu anda waspadai. Ini akan menambah wawasan kalian dalam penyalahgunaan facebook yang sering dilakukan pengguna di internet.

Jadi jangan pernah merasa eksis dengan melakukan hubungan pertemanan dengan orang yang tidak anda kenal terutama dalam media sosial yang tidak tahu asal muasalnya. Sebab kita tidak akan pernah tahu kapan cyber crime akan melakukan tindakan dengan cara yang sangat canggih dan mulus mulai dari pengintaian kehidupan kita.

Semoga informasi di atas bisa menambah kewaspadaan kita dalam menghadapi tindak kejahatan dalam media sosial.


Ciri Akun Palsu di Facebook yang Perlu Diwaspadai
About
Ciri Akun Palsu di Facebook yang Perlu Diwaspadai - written by Writer Telusur , published at 2:01 PM, categorized as akun palsu , facebook . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply

Kantor Pusat


Telusur Payment Mandiri

Jl. Raya Bangsri-Keling Kelet,Jinggotan Rt03/01, Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59453

0812-41514292

Contact Support


Email : telusurpaymentmandiri@gmail.com
WA CS_1 : 081241514292
WA CS_2 : 08995525475
Telegram : @Telusur
Copyright ©2013 Telusur Reload
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger