Cara Menghindari Penipuan Belanja Online Jelang Akhir Tahun

by Writer Telusur , at 3:08 PM , has 0 komentar


Cara  Menghindari Penipuan Belanja Online Jelang Akhir Tahun - Wah tidak terasa lagi mau Natal dan tahun baru ya? Melakukan perayaan tentu tidak boleh terlewatkan ya? Harus beli ini dan itu untuk memeriahkan hari yang termasuk istimewa ini.

Melihat peluang tersebut banyak sejumlah situs dan aplikasi belanja online yang menawarkan berbagai promo, meski momen hari belanja online (Harbolnas) sudah berakhir.

Terlebih bagi anda yang suka sekali berbelanja online di sejumlah situasi tau aplikasi online. Sebaiknya anda perlu memperhatikan sejumlah hal agar aman saat bertransaksi non tunai melalui smartphone.




Berikut tips aman berbelanja online menjelang Natal dan tahun baru ini,


1. Buat PIN yang Aman

Buat Personal Identification Number (PIN) atau kata sandi (password) yang berbeda-beda untuk setiap rekening atau akun. Sebuah PIN umumnya terdiri dari beberapa angka, tanda baca dan huruf untuk keamanan.

Dan sebagai pengguna anda harus berganti PIN secara berkala dan tidak boleh memberitahukan kepada orang lain.


2. Cek Status Izin Fintech Melalui Situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Harus memastikan perusahaan teknologi finansial (fintech) memiliki izin dari lembaga berwenang seperti OJK dan Bank Indonesia (BI). Karena masih banyak fintech yang belum memiliki ijin akan tetapi sudah beredar luas di masyarakat, bisa disebut fintech ilegal.

Dalam situs resmi OJK, ada sekitar 113 fintech yang telah mengantongi izin seperti KoinWorks, Kredivo, dan Asetku.


3. Jangan Sembarangan Berbagi Data Pribadi

Sangat dilarang keras untuk berbagi data pribadi anda seperti PIN, kata sandi (password), kode OTP (one time password), identitas KTP, dan nama ibu kandung. Meski itu terhadapa keluarga terdekat anda. Karena data tersebut kerap digunakan untuk mengamankan layanan transaksi online.

Sebab kalau tanpa senagja anda memberikan data tersebut, perentas bisa masuk dengan mudah untuk masuk ke akun aplikasi online anda dan meguras habis saldo yang ada didalamnya. Selain itu hindari juga mengirimkan data pribadi kepada pihak yang tidak dikenal di aplikasi percakapan digital WhatsApp (WA).


4. Waspada Saat Mengklik Tautan

Jangan terlalu buru-buru percaya untuk membuka tautan atau link baik di laman media sosial maupun surel email sebab itu bisa menjadi celah untuk melakukan perentasan. Metode ini sering disebut PISHING.

Untuk mengetahui apakah domain tersebut asli atau palsu sebuah alamat situs itu terletak sebelum domain itu sendiri. Contoh domain adalah .com, .id. dan .co.id.

Meski begitu, penipu sangat cerdas dalam membuat alamat tautan penipuan mereka tampak seperti alamat situs asli.

Contohnya :

https://wwwamazon.com/

Tautan dia tas merupakan tautan  yang dibuat para perentas dengan menambahkan wwwamazon.com. Padahal yang benar adalah www.amazon.com

www.facebook-security-alerts.com

Tautan diatas bukanlah tautan asli dari laman facebook. Laman yang asli adalah menggunakan menggunakan www.facebook.com/security.

Penggunaan tanda strip (-) biasanya merupakan kesatuan nama tautan. Jika anda menemukan alamat yang mirip dengan situs yang anda kenal namun menggunakan strip, maka berhati-hatilah.

Kalau anda menemukan phising dan insiden siber lainnya, Anda dapat melaporkan ke Layanan Aduan Siber melalui email bantuan70@bssn.go.id atau polisi jika diperlukan.


5. Perbarui Perangkat Lunak Ponsel dan Laptop

Dan selalu perbarui software laptop atau smartphone yang anda miliki. Ini akan meningkatkan keamanan dalam ponsel anda.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda. Selalu waspada dan hati-hati, mengingat banyak sekali penipu yang memanfaatkan media sosial untuk memangsa korban mereka.

Selalu tingkatkan kewaspadaan anda. 

Sampai jumpa.



Cara Menghindari Penipuan Belanja Online Jelang Akhir Tahun
About
Cara Menghindari Penipuan Belanja Online Jelang Akhir Tahun - written by Writer Telusur , published at 3:08 PM, categorized as belanja online , cara , online , tipas . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply

Kantor Pusat


Telusur Payment Mandiri

Jl. Raya Bangsri-Keling Kelet,Jinggotan Rt03/01, Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59453

0812-41514292

Contact Support


Email : telusurpaymentmandiri@gmail.com
WA CS_1 : 081241514292
WA CS_2 : 08995525475
Telegram : @Telusur
Copyright ©2013 Telusur Reload
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger