7 Cara Mengatasi Tidak Bisa Internetan Padahal Kuota Masih

by Writer Telusur , at 2:35 PM , has 0 komentar


7 Cara Mengatasi Tidak Bisa Internetan Padahal Kuota Masih – Apakah anda pernah mengalami masalah dalam koneksi internet, seperti tiba-tiba macet dan tidak mau jalan padahal kuota masih ada? Kesel banget ya pastinya. Terlebih berselancar di dunia maya sudah menjadi aktifitas wajib yang tidak dapat ditinggalkan. Bahkan sekarang mulai dari kecil hingga dewasa sudah bisa menikmati akses internet, dengan hadirnya gadget.

Jadi ingat zaman saya sekolah dulu kalau mau mengakses internet itu harus pergi ke rental komputer atau ke warnet yang jaraknya cukup jauh dari rumah, itu pun kadang harus mengantre. Beda dengan zaman sekarang di mana hampir setiap orang punya gadget di genggaman tangan mereka.
Sangat berbeda sekarang sudah ada gadget yang serba bisa. Sudah tidak perlu ke rental komputer untuk akses internet.

Kembali ke topik pembahasan ya, bagaimana seh cara mengatasi internet yang tidak jalan padahal kuota masih ada. Ini memang sering menjadi masalah yang sering dialami saat mengakses internet, bahkan pada hp merk tertentu bisa mengalami macet berkali-kali dalam sehari.

Berikut ada 7 cara yang bisa digunakan untuk mengatasi tidak bisa internetan padahal masih ada kuota :


1. Aktifkan Mode Pesawat Lalu Nonaktifkan Kembali

Kalau HP anda tiba-tiba lambat dalam mengakses internet bahkan tidak dapat terhubung sama sekali, penanganan pertama yang simpel adalah mengaktifkan mode pesawat di HP. Biarkan beberapa saat lalu nonaktifkan lagi mode pesawat.

Kadang cara ini bisa mengatasi akses internet yang macet meski kuota masih ada dan masih berlaku. Dengan melakukan menonaktifkan mode pesawat kita telah merestart sinyal yang ada di Hp, dan cara ini memang terbukti work.


2. Matikan Sinyal Radio Lalu Hidupkan Kembali

Dengan mematikan sinyal radio HP lalu menghidupkannya kembali. Caranya hampir sama degan yang pertama, perbedaannya bisa memilih salah satu nomor saja untuk dinonaktifkan.

Caranya  :


*#*#4636#*#*

1. Kemudian masukkan ke dalam jendela phone info dan testing. Pilih bedasarkan SIM mana yang anda gunakan untuk internetan. Jika menggunakan SIM 1 maka pilih Phone information 1.

2. Anda akan melihat data statistik koneksi internet. Langsung menuju ke opsi Mobile Radio Power lalu tekan satu kali menjadi Off.

3. Tunggu sebentar kemudian tekan lagi tombol on. Sinyal HP akan merestart dan koneksi internet yang tadinya macet bisa lancar kembali.

4. Untuk di HP lain mungkin menu Mobile Radio Power ini bisa berbeda-beda namanya, yang jelas cari saja menu yang ada kata radio.

5. Cara ini bisa mengatasi tidak bisa internetan padahal kuota internet kita masih banyak. Kalau mengalami masalah seperti ini lakukan pertama kali adalah mematikan dan menghidupkan kembali sinyal radio ini.


3. Restart Hp

Masih belum bisa melakukan akses internet ada cara lain yaitu coba lakukan restart pada HP anda. Kadang sistem di dalam HP mengalami tumpang tindih atau bentrok yang bisa menyebabkan koneksi internet menjadi macet. Ini bisa terjadi setelah anda menjalankan aplikasi berat atau aplikasi bug sehingga mengganggu sistem android di HP.

Kadang kalau ada masalah dengan HP biasanya melakukan restart Hp kita agar sistem dimuat ulang dan program yang menyebabkan koneksi internet macet tadi bisa ditutup
Jika masalah akses internet masih belum bisa lancar, masih ada cara lain. Yuk scroll ke bawah lagi.




4. Install Termux untuk Nge-ping

Hampir semua smartphone tidak memasukkan aplikasi terminal sebagai aplikasi bawaan, padahal terminal ini sangat penting sekali, sama seperti CMD kalau di Windows.

Android kita sebenarnya bisa menginstall aplikasi termux, yang merupakan aplikasi terminal khusus untuk android. Termux memiliki banyak fungsi, namun untuk masalah internet anda bisa menggunakan yang paling simpel saja, yaitu fungsi ping.

Melakukan ping pada HP kita bisa mendapatkan info koneksi internet di HP anda apakah berjalan baik atau tidak, apakah cepat atau lambat. Ping ini bisa berperan sebagai pancingan agar koneksi yang macet bisa berjalan kembali.

Caranya :

1. Download Termux
2. Setelah diinstall buka aplikasinya, lalu langsung ketik kode berikut ini
3. Ping 1.1.1.1 atau Ping 8.8.8.8
4. Biarkan ping dalam termux ini berjalan selama anda melakukan aktivitas berselancar di internet, sebab fungsi ping menjaga koneksi tidak macet.


5. Install Aplikasi Network Monitoring

Ingin mengetahui kecepatan koneksi internet di HP Android anda bisa menggunakan aplikasi network monitor. Berguna untuk menampilkan trafik download dan upload saat kita internetan.
Adanya monotoring trafik di HP, anda bisa mengetahui apakah koneksi internet lambat atau tidak. Anda bisa menggunakan aplikasi network speed monitor ini di semua gadget yang saya pakai agar bisa memantau trafik yang masuk dan keluar.

Salah satu aplikasi yang cukup bagus digunakan dan stabil adalah Internet Speed Meter anda bisa mendownloadnya secara gratis di Playstore.


6. Cari Tahu Penyebab Tidak Bisa Internetan Lalu Atasi

Jika ingin mengatasi koneksi macet secara akurat, anda harus mengetahui dahulu kira-kira apa yang menjadi penyebab HP anda tidak dapat terhubung ke internet padahal kuota masih ada.
Ada beberapa penyebab yang bisa menjadi kemungkinan tidak bisa akses internet padahal kuota masih ada :

1. Belum melakukan registrasi kartu dengan KTP dan KK.

2. Kuota masih ada itu cuma perasaan saja, padahal aslinya sudah habis. Sebaiknya melakukan pengecekan dulu apakah kuota masih ada atau tidak.

3. Masa aktif kartu berakhir

4. Ada gangguan jaringan. Ini menjadi penyebab pertama koneksi internet macet. Adanya gangguan internet bisa  membuat berbagai cara untuk memulihkannya tidak berhasil. Tunggu sampai jaringan bagus kembali.

5. Komponen Filter RX/TX rusak

7. Pergi ke Tukang Servis Hp
Jika masih saja belum bisa melakukan akses internet. Cara yang terakhir adalah pergi ke service hp. Ini adalah cara terakhir jika semua cara di atas tidak berhasil anda lakukan.

Kemungkinan yang menjadi masalah adalah komponen HP anda , yang membuat tidak bisa mengakses internet. Tukang service HP biasanya paham masalah ini. Datangi service HP resmi agar bisa membuat garansi kalau masih ada.

Itulah 7 cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah koneksi internet. Semoga bermanfaat. Kalau ada yang salah mohon diluruskan. Sampai jumpa.


7 Cara Mengatasi Tidak Bisa Internetan Padahal Kuota Masih
About
7 Cara Mengatasi Tidak Bisa Internetan Padahal Kuota Masih - written by Writer Telusur , published at 2:35 PM, categorized as akses internet , mengatasi tidak dapat akses internet . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply

Kantor Pusat


Telusur Payment Mandiri

Jl. Raya Bangsri-Keling Kelet,Jinggotan Rt03/01, Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59453

0812-41514292

Contact Support


Email : telusurpaymentmandiri@gmail.com
WA CS_1 : 081241514292
WA CS_2 : 08995525475
Telegram : @Telusur
Copyright ©2013 Telusur Reload
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger