5 Ciri Deteksi Korsleting Listrik Sumber Kebakaran

by Writer Telusur , at 3:00 PM , has 0 komentar


5 Ciri Deteksi Korsleting Listrik Sumber Kebakaran – Korsleting listrik merupakan salah satu penyebab terjadinya kebakaran dalam rumah. Dan kondisi ini akan terus meningkat dan menjadi rawan saat musim penghujan datang.

Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk memiliki kewaspadaan terhadap potensi korsleting listrik di rumah.

Mengingat bahwa gejala awal kebakaran yang dikarenakan korsleting listrik cukup sulit untuk diprediksi.

Sebagai pengguna listrik, harus berhati-hati saat menggunakan listrik sehari-hari. Berikut cara mendeteksi dini potensi korsleting listrik pada instalasi kabel rumah serta cara penanganan.


1) Perhatikan Keanehan Kelistrikan di Rumah Anda

Di saat kabel listrik di rumah mengalami korsleting, tanda umumnya adalah lampu tidak menyala seperti biasanya.

Kadang lampu tiba-tiba mati, padahal sakelar dalam posisi on. Ketika lampu dinyalakan mendadak menjadi redup. Atau menyala berkali-kali tanpa ada sebab. Bahkan saat saklar dalam posisi off, bohlam lampu masih berpedar-pedar.

Jika gejala tersebut terjadi anda wajib waspada, kemungkinan terjadi korsleting listrik.


2) Tanggap Terhadap Bau-Bauan yang Tercium

Korsleting listrik terjadi biasanya ditandai degan kabel terbakar. Proses terbakarnya kabel ini berawal dari pembungkus tembaga yang bernama lapisan thermoplastik, yang sudah tidak kuat menahan suhu panas tembaga yang bermuatan daya listrik tinggi.

Akibatnya lapisan thermoplastik yang berfungsi sebagai insulator atau penghambat daya, menjadi terbakar dan mengeluarkan asap putih. Dan biasanya mengeluarkan bau seperti plastik atau karet terbakar yang sangat menyengat.

Bila anda mencium bau semacam itu didahului nyala lampu atau penggunaan alat elektronik yang tidak lazim. Anda patut waspada. Ini besar kemungkinan instalasi listrik di rumah mengalami korsleting.




3) Lekas Deteksi dan Cari Sumber Aroma Kabel Terbakar yang Menyengat

Mencium bau yang khas dari kabel terbakar, maka segera telusuri aroma tersebut berasal dari mana. Cek seluruh persebaran instalasi listrik kabel rumah anda. Bahkan kalau ditempat yang mustahil sekalipun.

 Ini bertujuan memastikan langsung letak kabel korsleting. Supaya bisa diambil tindakan secepatnya untuk menanggulanginya.


4) Segera Matikan Aliran Listrik Utama, Bila Telah Mengidentifikasi Letak Kabel yang Korslet

Jika anda sudah memastikan kecurigaan korsleting listrik di rumah anda, secara langsung dengan mata kepala sendiri. Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah menekan tombol sekring pada posisi off. Ini akan menghentikan tegangan tinggi pada kabel yang sedang terbakar atau korslet.

Kalau tidak, akan menimbulkan percikan api yang lebih besar, lalu menyambar dan membakar benda yang berada di ruangan. Matikan sekring dan langsung hubungi petugas terdekat yang bersangkutan.


5) Ganti Benda-Benda Instalasi Kelistrikan yang Terbakar dengan Standar SNI

Sebagai bentuk antisipasi listrik di kemudian hari. Gunakan segala bentuk perangkat listrik dengan perangkat yang berstandar nasional Indonesia atau SNI.

Perangkat instalasi listrik yang memiliki standar SNI memiliki bahan yang kuat dan teruji keamanannya.

Penyebab terjadinya korsleting listrik, akan terjadi jika ada lonjakan daya listrik yang tinggi sedang dihantarkan oleh tembaga yang berlapis thermoplastik.

Lonjakan ini bisa terjadi karena banyaknya penggunaan daya listrik dalam sebuah terminal colok yang ada di dalam rumah.

Terminal colokan kabel digunakan melebihi batas, dipakai ngisi daya laptop, kipas angin, setrika, mesin cuci dan sebagainya, bisa menimbulkan tegangan tinggi yang akan mengakibatkan korsleting listrik.

Itulah 5 ciri yang bisa kita deteksi dari dini untuk mencegah terjadinya korsleting listrik. Semoga informasi di atas bisa meningkatkan kewaspadaan demi keselamatan bersama. Sampai jumpa.



5 Ciri Deteksi Korsleting Listrik Sumber Kebakaran
About
5 Ciri Deteksi Korsleting Listrik Sumber Kebakaran - written by Writer Telusur , published at 3:00 PM, categorized as ciri , korsleting listrik , listrik . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply

Kantor Pusat


Telusur Payment Mandiri

Jl. Raya Bangsri-Keling Kelet,Jinggotan Rt03/01, Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59453

0812-41514292

Contact Support


Email : telusurpaymentmandiri@gmail.com
WA CS_1 : 081241514292
WA CS_2 : 08995525475
Telegram : @Telusur
Copyright ©2013 Telusur Reload
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger