10 Kesalahan Mengatur Keuangan Pribadi

by Writer Telusur , at 3:27 PM , has 0 komentar


10 Kesalahan Mengatur Keuangan Pribadi – Memang harus di akui, adanya pengaturan keuangan merupakan lingkup yang sangat kompleks. Sangking kompleksnya, ini menjadi kebiasaan. Dan banyak orang membuat kesalahan dalam mengatur finansial yang berbeda-beda tingkatannya. Kesalahan tersebut umum terjadi pada mereka yang baru memiliki pendapatan yang rutin.

Di luar semua itu dunia finansial dewasa jauh lebih kompleks dari tahun sebelumnya. Pada perkara tertentu dunia bisa dibilang makin kejam, tidak ada rasa kemanusiaan dan dingin. Sekali melakukan kesalahan anda akan kesulitan melakukannya dan memiliki peluang sedikit untuk memperbaikinya. Ada sejumlah kesalahan yang sifatnya sepele dan dapat diatasi. Namun ada juga kesalahan yang begitu besar yang berdampak pada kehidupan finansial anda.

Untuk mengetahui kesalahan apa saja yang sering terjadi. Berikut ada beberapa hal yang harus anda hindari dalam mengatur masalah keuangan anda.


1. Tidak Memiliki Dana Darurat

Kebanyakan orang menggantungkan gaji bulanan untuk bertahan hidup. Bahkan jika ada gangguan kecil sekalipun, seperti tiba-tiba sakit, bisa menjadi bencana besar. Maka dari itu, sangat disarankan untuk memiliki dana talangan atau dana darurat untuk memenuhi kebutuhan mendadak. Tidak harus dalam jumlah besar. Mulai dengan angka kecil terlebih dahulu.


2. Tidak Memiliki Anggaran

Kondisi finanasial anda dimasa mendatang sepenuhnya tergantung pada bagaimana anda membelanjakan uang untuk saat ini. Menyusun anggaran seperti itu merupakan sesuatu yang sangat membuang waktu memang. Namun justru tindakan tersebut bisa menyelamatkan setiap menit dan detik kehidupan anda. Dari pada membuat anggaran yang terlampau menekan, mulailah degan sesuatu yang mendasar dan membuat perubahan secara gradual setelah anda melihat hasilnya.


3. Pengeluaran Dulu Baru Menabung

Memang belanja lebih gampang daripada menabung. Dan inilah membuat orang lebih dahulu mengeluarkan uang daripada menabung dahulu. Ini justru merupakan cara yang salah seharusnya setelah anda memiliki uang sisihkan terlebih dahulu untuk menabung, baru kemudian untuk kebutuhan anda.


4. Perencanaan Pajak yang Tak Efektif

Meski urusan yang sepele, perencanaan pajak memiliki peran yang penting dalam stabilitas  finansial anda. Bisa saja anda banyak uang yang justru nantinya lari semua untuk membayar pajak, seharusnya tidak begitu bukan? Oleh karena itu hindari hal semacam itu dengan bantuan tax-law provision. Ini akan meningkatkan investasi dan tabungan anda.


5. Membiarkan Uang Diam

Nilai uang bisa turun karena inflansi. Contohnya sebuah harga produk sekarang 1 juta dna inflansi saat ini 7 persen, maka produk akan memiliki nilai 1, 98 juta setelah 10 tahun kemudian. Justru ini hal yang dapat membantu anda mengalahkan inflansi ketimbang uang anda diam menganggur.




6. Meminjamkan Uang ke Teman dan Keluarga

Semua orang kadang kala mengalami kesulitan yang parah. Pada kondisi tertentu teman atau keluarga bisa dijadikan sandaran finansial. Tapi, anda harus menghindari meminjamkan uang jika itu akan mempengaruhi tabungan dan anggaran bulanan anda.


7. Berinvestasi Tanpa Pengetahuan yang Matang

Jaman sekarang banyak sekali peluang untuk berinvestasi, mulai dari saham, mutual fund, real estate, dan lainnya. Yang paling penting dari semua itu ialah pengetahuan bagaimana cara kerjanya sebelum memutuskan untuk berinvestasi.


8. Boros

Anda harus belajar menghargai seberapa pun jumlah rupiah. Meski itu jumlahnya seribu. Bisa menjadi hal yang buruk untuk membeli sebuah barang-barang yang tidak begitu penting. Kebiasaan kecil yang tidak begitu penting kalau dijumlahkan bisa bernilai besar juga lho. Memang anda tidak merasakan untuk sekarang ini. Tapi anda akan merasakan dimana suatu kondisi membutuhkan uang receh agar tujuan anda yang lebih besar bisa tercapai. Kemungkinan besar uang itu bisa menjadi penolong anda meski tidak ada dikantong.


9. Hidup Dari Hutang

Normal saja menggunakan kartu kredit untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan. Akan tetapi meski banyak orang yang sanggup membeli barang secara langsung, ada kala mereka lebih memilih menggunakan kartu kredit dengan alasan minim bunga. Ini adalah kebiasaan buruk. Lebih baik tidak memiliki hutang sepeserpun.


10. Mengabaikan Perencanaan Pensiun

Sebagian besar orang terutama yang masih muda dan dalam usia produktif, memandang bahwa perencanaan pensiunan merupakan ide yang jauh terjadinya sehingga mengabaikannya. Tanpa adanya perencanaan pensiunan di hari mendatang, anda akan gagal mendapatkan uang yang dibutuhkan. Maka dari itu mulailah merencanakan pensiunan di kemudian hari. Maka dari itu. Semakin anda cepat memulai maka akan semakin baik kondisi anda di kemudian hari dan siap menyongsong masa pensiunan dengan penuh ketenangan.

Itulah beberapa hal yang benar harus anda hindari, supaya kebutuhan finansial anda akan semakin stabil dan terencana. Semakin cepat memulainya maka akan semakin baik kedepannya.

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa.


10 Kesalahan Mengatur Keuangan Pribadi
About
10 Kesalahan Mengatur Keuangan Pribadi - written by Writer Telusur , published at 3:27 PM, categorized as kesalahan , keuangan , keuangan pribadi , mengatur keuangan . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply

Kantor Pusat


Telusur Payment Mandiri

Jl. Raya Bangsri-Keling Kelet,Jinggotan Rt03/01, Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59453

0812-41514292

Contact Support


Email : telusurpaymentmandiri@gmail.com
WA CS_1 : 081241514292
WA CS_2 : 08995525475
Telegram : @Telusur
Copyright ©2013 Telusur Reload
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger