Wajib Tahu! Begini Cara Belanja Online yang Aman

by Writer Telusur , at 2:16 PM , has 0 komentar

Wajib Tahu! Begini Cara Belanja Online yang Aman – Seiring berkembangnya jaman, sekarang orang lebih mengandalkan sistem online untuk memenuhi kebutuhan, terlebih banyak sekali situs online sekarang. Mereka membangun situs belanja online, dibuat layaknya sebuah mall menjual berbagai macam barang, dan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dan konsumen terus melakukan belanja online karena situs belanja online tersebut gencar menawarkan promosi. Menawarkan berbagai barang dengan harga miring, cashback, sampai promo gratis ongkos kirim barang juga dilakukan. Dan menjadikan belanja online menjadi gaya hidup, dan mengubah kebiasaan sebelumnya. Dan gaya hidup semacam ini akan terus berlanjut hingga beberapa tahun ke depan.

Agar anda semakin merasa nyaman dalam berbelanja online, sebaiknya anda tahu dan memastikan bagaimana cara berbelanja online dengan aman dan nyaman di situs belanja online Indonesia. Lakukan beberapa langkah di bawah ini agar anda dapat berbelanja dengan aman.


1. Lakukan Riset Terhadap Situs Belanja Online
 Langkah ini harus dilakukan jika anda berbelanja pakaian online pada web yang jarang anda gunakan. Periksa nomor telepon si penjual dan hubungi terlebih dahulu. Jika tidak meyakinkan anda bisa mencari di mesin pencari google, kemudian masukkan nama situs web tersebut. Carilah ulasan dari konsumen yang pernah berbelanja di sana.

Jika banyak konsumen yang mengeluh dengan pelayanan situs tersebut, sebaiknya tinggalkan saja situs wewb tersebut. Pilihlah situs belanja yang menndapatkan apresiasi positif, dan hindari situs belanja yang mendapat bintang satu atau yang sering mendapat komplain atau kekecewaan dari konsumen di akun media sosial ataupun situsnya.


2. Lihat Kebijakan Situs Belanja Online Terhadap Data Pribadimu
Hindari poin yang menyebutkan bahwa pengelola situs web tersebut boleh memberikan data pribadi konsumen ke pihak lain. Dan jangan lupa baca juga kebijakan pengembalian barang. Sebab barang yang dipesan dapat mengalami kecacatan yang tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi jika barang yang anda terima ternyata cacat.

Pastikan anda dapat mengembalikan barang yang cacat tersebut dan itu diganti dengan barang baru atau uang anda dikembalikan. Periksa juga siapa yang membayar pengembalian barang tersebut.


3. Periksa Paket Barang Dengan Membaca Deskripsi Produk Baik-baik
Periksa paket barang dan bacalah deskripsi produk dengan cermat. Dan tetap waspad pada barang yang bermerk tapi di jual dengan potongan harga yang cukup besar. Bisa saja barang tersebut adalah imitasi dan penjual hanya sekedar ingin mendapatkan uang anda saja.



4. Jangan Mudah Tergoda Barang Murah
Jangat terlalu percaya pada tawaran barang yang memiliki harga murah yang terlebih melalui e-mail apalagi meminta ID dan password tanpa izin dari pemilik e-mail. Itu adalah spammer. Anda juga harus berhati-hati sebab spammer, mereka jago merayu.

Ini berawal ia mengirim e-mail seolah mereka dari perusahaan yang baik. Sebaiknya kunjungi situs belanja resmi dari perusahaan tersebut dan langsung belanja di situs tersebut. Jangan pernah masuk ke situs melalui media sosial lainnya seperti e-mail.


5. Cari Tanda Kalau Situs Web Itu Aman
Tanda tersebut berupa gambar gembok di baris status browser. Sebelum memasukkan informasi pribadi, periksa tanda keamanan itu pada situs web tersebut.
Ketika anda diminta memasukkan informasi berupa nomor kartu kredit, lihat alamat situs web. Harusnya alamat situs web berubah dari http menjadi https. Artinya informasi pembayaran tersebut sudah dijamin dilindungi dan aman.


6. Amankan PC Anda
Minimal PC atau perangkat HP anda memiliki perangkat anti virus. Lebih baik lagi anda memasang anti spyware dan firewall di PC dan HP anda. Dan perlu diingat piranti lunak seperti itu harus di update secara teratur agar PC dan HP anda terlindungi dari ancaman baru. Sebaikanya atur saja proses update  otomatis.


7. Pertimbangkanlah Cara Pembayaran
Pembayaran melalui belanja online bisa dilakukan melalui kartu kredit, ATM, atau melalui gerai retail modern. Dengan kartu kredit, anda punya bukti kuat kalau anda sudah melakukan pembayaran kalau barang yang anda pesan tidak di antar atau sesuai dengan pesanan.
Karena banyaknya pencurian kartu kredit, pembayaran menggunakan sistem PayPal, Transfer Kirim, atau Cash On Delivery (COD) boleh dipertimbangkan menjadi alternatif.


8. Periksa Harga Total
Berbelanja online, kerap kali kita tidak sadar kalau data kita bisa saja di curi. Harga barang, ongkos bungkus dan ongkos kirim, semoga ada diskonnya. Bandingkan harga dari situs web satu dengan situs web yang lainnya.


9. Simpan Bukti Transaksi
Simpan selalu bukti pembayaran termasuk deskripsi produk dan harga, kwitansi digital, dan juga salinan e-mail yang telah dikirim antara anda dengan si penjual.


10. Matikan PC Setelah Transaksi
Matikan segera PC anda setelah menggunakannya untuk belanja online. Jika PC anda nyalakan terus bisa saja ada yang membobol dan menanamkan malware kemudian mengambil alih kendali PC anda dan melakukan transaksi.

Seperti itulah tata cara belanja online yang aman yang bisa di terapkan setiap hendak melakukan belanja online. Dan anda juga bisa menjajal situs belanja online yang bisa dikunjungi konsumen Indonesia.

Semoga informasi di atas bermanfaat.

Sampai jumpa.



Wajib Tahu! Begini Cara Belanja Online yang Aman
About
Wajib Tahu! Begini Cara Belanja Online yang Aman - written by Writer Telusur , published at 2:16 PM, categorized as belanja online. online , cara belanja online . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply

Kantor Pusat


Telusur Payment Mandiri

Jl. Raya Bangsri-Keling Kelet,Jinggotan Rt03/01, Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59453

0812-41514292

Contact Support


Email : telusurpaymentmandiri@gmail.com
WA CS_1 : 081241514292
WA CS_2 : 08995525475
Telegram : @Telusur
Copyright ©2013 Telusur Reload
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger