Kenapa Kartu ATM Tidak Dapat Diproses? Ini 3 Penyebabnya

by Writer Telusur , at 10:09 AM , has 0 komentar

Kenapa Kartu ATM Tidak Dapat Diproses? Ini 3 Penyebabnya – Kartu ATM adalah fasilitas yang wajib dimiliki setiap nasabah yang memiliki tabungan di bank manapun. Dengan kartu ATM dapat mempermudah nasabah melakukan transaksi secara non tunai, seperti transfer, pembayaran tagihan atau bill, pengisian pulsa, e-money. Dan untuk transaksi tunai nasabah dapat melakukan penarikan uang tunai dari mesin ATM.

Kalau bertanya soal keamanan, dari awal dibuka sampai saat ini transaksi menggunakan kartu ATM bisa dibilang aman. Sebab nasabah di beri PIN (Personal Identification Number) ketika akan melakukan transaksi. Namun anda harus tetap berhati-hati sebab adanya penipuan yang mengatasnamakan dari pihak bank padahal bukan.

Tapi dengan memiliki kartu ATM tidak selalu dapat digunakan. Dalam kondisi tertentu ada kemungkinan kartu ATM tidak bisa digunakan, seperti terblokir atau bagian dari kartu ATM tidak terbaca oleh mesin ATM.

Akan tetapi apa ya,kira kira penyebab kartu ATM tidak terbaca di mesin? Ada 3 penyebab kemungkinan yang bisa jadi kartu ATM anda tidak dapat di proses atau terbaca di mesin ATM.

1.                   Kerusakan Pita Hitam (Magnetic Strik)
Penyebab yang sering terjadi adalah kerusakan pada pita hitam atau magnetic strik. Coba periksa bagian hitam di belakang kartu ATM. Kemungkinan ada kerusakan pada pita hitam tersebut.
Pita hitam tersebut berisi chip yang harus dibaca oleh mesin ATM, saat anda melakukan transaksi. Jika pita memang rusak maka mesin tidak bisa membaca kartu ATM tersebut.

Untuk mengatasi hal ini tidak ada cara alternatif kecuali dengan meminta kartu ATM yang baru pada bank dimana anda membuka rekening. Syarat untuk menukar atau mengganti kartu ATM yang rusak anda harus membawa rekening buku tabungan, kartu ATM anda, serta kartu identitas atau KTP. Jangan lupa untuk membawa sejumlah uang untuk biaya administrasi jika dikenakan. Jumlah biaya administrasi tergantung dari bank masing-masing ya.


2.                   Kartu ATM Kadaluarsa
Lihat pada bagian depan kartu ATM anda, di bagian tersebut ada identifikasi bulan dan tahun masa berlaku kartu ATM.

Di bagian tersebut terdapat angka yang menunjukkan masa aktif kartu ATM. Seperti jika masa kartu ATM anda berlaku sampai bulan 10 (oktober) tahun 2025. Jika sudah lewat masa itu maka kartu ATM anda sudah tidak dapat digunakan lagi. Ini bisa menjadi penyebab kartu ATM tidak bisa terbaca atau diproses. Untuk penanganannya sama seperti yang tertera di nomor 1.

3.                   Kartu ATM yang Terblokir
Dan kemungkinan yang bisa saja terjadi adalah kartu ATM terblokir. Banyak yang menjadi penyebab kenapa kartu ATM dapat terblokir, salah satunya dari pihak bank menemukan aktifitas transaksi diluar batas sehingga memunculkan keanehan dan sebagai penanganan pertama agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pihak bank melakukan pemblokiran pada kartu ATM anda.

Atau terjadi kesalahan dari pemilik kartu sendiri, salah memasukkan PIN sampai 3 kali. Untuk mengatasi permasalahan ini datangi kantor bank dimana anda membuka rekening. Dan jangan lupa untuk membawa persyaratan seperti yang sudah disebutkan di pada nomor 1.

Dan untuk langkah utama pencegahannya sebaiknya anda selalu menyimpan kartu ATM anda dalam keadaan baik dan aman sehingga tidak menimbulkan kerusakan atau kelupaan PIN.

-          1. Usahakan anda tidak menempatkan kartu ATM menjadi satu, sebab bisa menimbulkan gesekan pada pita hitam yang menyebabkan kerusakan. Anda bisa menyimpan ATM di tempat khusus atau membungkusnya dengan kertas agar tidak bergesekan dengan yang lain.

-         2.  Bawa kartu ATM saat anda memerlukannya saja. Ini bisa meminimalisir kerusakan pada kartu ATM anda.

-         3.  Jangan menaruhnya di saku celana terutama bagian belakang, ini akan menyebabkan kartu ATM patah.

Itulah beberapa penyebab kartu ATM tidak dapat diproses dan cara pencegahannya.


Semoga informasi penyebab kartu ATM tidak terbaca bisa bermanfaat untuk anda, ingat utamakan keselamatan. Merawat kartu ATM dengan baik bisa mencegah terjadinya kerusakan. 

Sekian dulu, sampai jumpa.

Kenapa Kartu ATM Tidak Dapat Diproses? Ini 3 Penyebabnya
About
Kenapa Kartu ATM Tidak Dapat Diproses? Ini 3 Penyebabnya - written by Writer Telusur , published at 10:09 AM, categorized as kartu ATM , kartu ATM tidak dapat diproses , kartu ATM tidak terbaca . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply

Kantor Pusat


Telusur Payment Mandiri

Jl. Raya Bangsri-Keling Kelet,Jinggotan Rt03/01, Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59453

0812-41514292

Contact Support


Email : telusurpaymentmandiri@gmail.com
WA CS_1 : 081241514292
WA CS_2 : 08995525475
Telegram : @Telusur
Copyright ©2013 Telusur Reload
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger